Rabu, 08 Januari 2014

Jenis Dokumen Menurut Sifatnya




1.     Dokumen Tekstual
    Dokumen tekstual adalah dokumen yang menyajikan informasi dalam bentuk tertulis. Dokumen tekstual menyajikan isi lengkap dalam bentuk teks tertulis untuk kemudian dibaca oleh pemakai. Dokumen tekstual, merupakan dokumen tertulis sering disebut dokumen literer yang penyimpanannya di perpustakaan atau pusat dokumentasi.
Dokumen tekstual meliputi:
a.    Majalah
Majalah secara harfiah dalam bahasa Inggris berarti magazine, menurut Djafar H. Assegaff dalam bukunya Jurnalistik Masa kini, yang memuat artikel-artikel dari berbagai penulis. Menurut F.Frazier Bond, majalah dapat dibagi dalam fua bagian yaitu:
1.     Majalah umum
   Majalah yang menggunakan persoalan-persoalan yang mempunyai arti penting bagi orang banyak. Menyangkut soal politik,ekonomi,pendidikan, dan ilmu pengetahuan yang meliputi kebutuhan manusia dalam masyarakat.
2.     Majalah Khusus
   Majalah yang mengemukakan masalah pertanian,ekonomi,teknik,ilmu pengetahuan, dan lain-lain.
b.    Katalog
   Secara umum pengertian katalog adalah suatu daftar yang terurut yang berisi informasi tertentu dari benda atau barang yang didaftar. Secara lebih luas pengertian katalog adalah metode penyususnan item (berisi informasi atau keterangan tertentu) dilakukan secara sistematis baik menurut abjad maupun urutan logika yang lain.
c.     Surat Kabar
    Suratkabar merupakan media massa yang paling tua dibandingkan dengan jenis media massa lainnya. Koran (dari bahasa Belanda: Krant, dari bahasa Perancis courant) atau surat kabar adalah suatu penerbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya dicetak pada kertas berbiaya rendah yang disebut kertas koran, yang berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik.
d.    Paten
   Paten adalah hak ekslusif yang diberikan oleh Negara kepada penemu atau hasil penemuannya di bidang teknologi, yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya.
2.Dokumen Nontekstual
Dokumen nontekstual adalah dokumen yang berisi beberapa teks. Dokumen nontekstual,berarti dokumen yang bukan merupakan dokumen tertulis yang berarti dokumen tersebut berbentuk suatu benda namun memuat informasi penting. Dokumen jenis ini disebut dokumen Korporil yang biasanya disimpan di museum. Misal peta, grafik, gambar, rekaman, monumen, dan sejenisnya.
Dokumen nontekstual dapat dibagi menjadi 3, yaitu:
1.     Dokumen audio atau dokumen yang dapat di dengar, berupa rekaman suara, radio, kaset, dll
2.     Dokumen visual atau dokumen yang dapat di lihat dan di dengar, berupa televisi, film, dan video.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar