Rabu, 08 Januari 2014

Jenis Dokumen Menurut Literaturnya



A. PENGERTIAN LITERATUR
Menurut ALA Glosary of Library and information Science (1983)
Literatur adalah bahan bacaan yang digunakan dalam berbagai aktifitas baik secara intelektual maupun rekreasi.

B. PENGELOMPOKKAN LITERATUR
Literatur dapat dikelompokkan menurut beberapa kategori, diantaranya :
Jenis literatur menurut lokasi penempatan koleksi dapat dibedakan menjadi :
  1. Koleksi Umum
Koleksi umum terdiri atas buku untuk tingkat pembaca dewasa  yang telah diolah dan ditempatkan di rak terbuka. Sebagian besar koleksi umum merupakan monograf dan judul dalam seri. Terbitan berseri yang bukan majalah dapat dimasukkan di sini menjadi koleksi yang dapat dipinjam.
  1. Koleksi referensi
Koleksi referensi atau koleksi rujukan, menghimpun informasi yang secara langsung dapat menjawab pertanyaan. Misalnya, kamus, direktori, ensiklopedi, buku pedoman, buku pegangan, dll. Selain itu koleksi referensi juga menghimpun informasi yang merujuk kepada sumber informasi lain atau hanya menunjukkan lokasi di mana informasi yang dicari dapat ditemukan. Misalnya, katalog, bibliografi, dll.

Jenis literatur menurut  tingkat ketajaman analisisnya dapat dibagi 3 golongan, yakni :
  1. Literatur primer
Literatur primer adalah karya tulisan asli yang memuat kajian mengenai sebuat teori baru, atau penjelasan suatu gagasan dalam berbagai bidang. Literatur primer bisa berupa artikel majalah ilmiah, laporan penelitian, disertasi, paten, standard, makalah seminar dan lain-lain.
  1. Literatur sekunder
Literatur sekunder merupakan literatur yang berisi informasi mengenai literatur primer. Literatur sekunder menawarkan literatur primer dengan cara menringkas atau menbuat indeks, jadi literatur sekumder tidak berisi pengetahuan baru, melainkan hanya mengulang dan menata pengetahuan yang sudah ada. Literatur ini termasuk dalam jenis koleksi referensi seperti kamus, ensiklopedi, thesaurus, direktori, majalah abstrak, majalah indeks, bibliografi, tinjauan literatur, termasuk juga pangkalan data dan lain-lain.
     
  1. Literatur tersier
Literatur tersier adalah literatur yang memuat informasi yang merupakan petunjuk untuk memperoleh literatur sekunder. Yang termasuk literatur tersier adalah bibliografi dari bibliografi, direktori dari direktori dll.

Menurut Literaturnya, dapat dibagi menjadi
1.       Dokumen Korporil
   Dokumen korporil adalah dokumen yang mencakup materi tercetak, tidak tercetak, prasasti, dan benda seni yang disimpan di museum dan perpustakaan.

2.       Dokumen Literer
    Dokumen literer adalah setiap bahan cetak dan noncetak yang mengandung informasi atau keterangan tertentu yang berguna.

Jenis literatur menurut isinya, antara lain dikelompokkan sesuai Klasifikasi Desimal Dewey (Dewy Decimal Classification), yakni : Karya umum, Filsafat, Agama, Ilmu-ilmu Sosial, Bahasa, Ilmu Murni, Teknologi (Ilmu Terapan), Seni, olah raga, hiburan, rekreasi, hobi, Sastra,Geografi, kisah perjalanan, sejarah.

C. BENTUK LITERATUR

Literatur menurut bentuknya dibagi 2 :
  1. Literatur berbentuk buku
  2. Literatur berbentuk non buku

Literatur berformat non buku antara lain berupa :
Piringan hitam, Pita rekaman, Kaset, Laser Disk, Film, Filmstrip, Slide, Mikrofilm, Mikrofish, Video, Lukisan, CD, DVD, Internet, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar